Visi, Misi dan Tujuan Program Studi

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggrisyang unggul di bidang pengembangan perangkat pembelajaran bahasa Inggris berlandaskan pendekatan ilmiah dan menghasilkan lulusan yang berakhlaqul karimah berlandaskan Islam Ahlusunnah wal Jamaah pada tahun 2020.

 

Misi Program Studi

Dalam upaya mewujudkan visi di atas, maka PS MPB-INGPPS Unisma mengemban misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris  baik teori maupun praktik beorientasi pada pengembangan perangkat pembelajaran bahasa inggrisberlandaskan pendekatan ilmiah dan  lulusan yang berakhlaqul karimah berlandaskan Islam Ahlusunnah wal Jamaah.
  2. Melaksanakan penelitian teoretis dan terapan bidang media pembelajaran Bahasa Inggris berlandaskan pendekatan ilmiah dan lulusan yang berakhlaqul karimah berlandaskan Islam Ahlusunnah wal Jamaah.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada pada masyarakat berbasis penelitian untuk menyebarkan good practicesmedia pembelajaran bahasa Inggris yang berkualitas di berbagai jenjang pendidikan.

Mengembangkan kerjasama nasional dan internasional untuk meningkat  profesionalisme pengembangan media bahasa Inggris berlandaskan pendekatan ilmiah dan  lulusan yang berakhlaqul karimah berlandaskan Islam Ahlusunnah wal Jamaah.

 

Tujuan Program Studi

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris baik teori maupun praktik beorientasi pada pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa Inggris berlandaskan pendekatan ilmiah dan  lulusan yang berakhlaqul karimah berlandaskan Islam Ahlusunnah wal Jamaah
  2. Terlaksananya penelitian teoretis dan terapan bidang media pembelajaran Bahasa Inggris berlandaskan pendekatan ilmiah dan lulusan yang berakhlaqul karimah berlandaskan Islam Ahlusunnah wal Jamaah.
  3. Terlaksananya pengabdian kepada pada masyarakat berbasis penelitian untuk menyebarkan good practices media pembelajaran bahasa Inggris yang berkualitas di berbagai jenjang pendidikan.

Berkembangnya kerjasama nasional dan internasional untuk meningkat  profesionalisme pengembangan media bahasa Inggris berlandaskan pendekatan ilmiah dan  lulusan yang berakhlaqul karimah berlandaskan Islam Ahlusunnah wal Jamaah

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran dan strategi penvcapaian didukung oleh dokumen berupa renstra pascasarjana 2016-2020 sesuai SK Direktur no…. tertanggal…. Sasaran yang dicapai adalah terdiri dari 4 bidang, pendidikan, penelitian, prngabdian, dan kerjasama.

TUJUAN 1: Menghasilkan lulusan magister pendidikan bahasa Inggris yang mampu merencanakan, memecahkan dan mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa Inggris di berbagai jenjang pendidikan dan mampu berbahasa Inggris lisan dan tulis secara aktif tingkat lanjut.

Sasaran 1 : Tercapainya lulusan dengan kualifikasi tinggi yang dibuktikan dengan hasil Indek Prestasi Komulatif (IPK) dengan predikat sangat baik dan atau dengan pujian dan kemampuan profisiensi bahasa Inggris yang baik.

Indikator Pencapaian:

Tahun 2017, 50% IPK lulusan ≥ 3.50

Tahun 2018, 60% IPK lulusan ≥ 3.50

Tahun 2019, 70% IPK lulusan ≥ 3.50

Tahun 2020, 80% IPK lulusan ≥ 3.50

 

Strategi pencapaian:

  1. Penyelenggaraan pendidikan yang profesional dan efektif sesuai dengan jumlah tatap muka yang ditetapkan oleh PS.
  2. Kesesuaian penyelenggaraan perkuliahan antara Rencana Perkuliahan Semester (RPS) yang disusun dengan implementasinya di kelas.
  3. Pelaksanaan proses pembelajaran berbasis research dan berpusat pada mahasiswa.
  4. Sistem evaluasi perkuliahan yang baik.

 

Sasaran 2: Ketepatan masa studi tepat waktu

Indikator Pencapaian:

Tahun 2017, 70% lulus tepat waktu (4 semester)

Tahun 2018, 75% lulus tepat waktu (4 semester)

Tahun 2019, 80% lulus tepat waktu (4 semester)

Tahun 2020, 85% lulus tepat waktu (4 semester)

 

Strategi pencapaian:

  1. Mengoptimalkan proses pembimbingan tesis secara mandiri
  2. Memfasilitasi proses pembimbingan tesis secara periodik
  3. Mengefektifkan monitoring dan evaluasi pembimbingan, seminar hasil dan ujian

Tesis.

 

Sasaran  3: Meningkatkan jumlah karya ilmiah mahasiswa yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.

Indikator Pencapaian:

Tahun 2017, 80% karya ilmiah mahasiswa dipublikasikan dalam jurnal ber ISSN

Tahun 2018, 85% karya ilmiah mahasiswa dipublikasikan dalam jurnal ber ISSN

Tahun 2019, 90% karya ilmiah mahasiswa dipublikasikan dalam jurnal ber ISSN

 

Tahun 2020, 95% karya ilmiah mahasiswa dipublikasikan dalam jurnal ber ISSN

 

Strategi pencapaian:

  1. Mewajibkan mahasiswa membuat karya ilmiah sebagai syarat yudisium kelulusan
  2. Menyeleggarakan workshop penulisan karya ilmiah di jurnal nasional dan internasional.
  3. Memfasilitasi penerbitan jurnal ilmiah dengan nama jurnal: Language-Edu
  4. Melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi yang memiliki program studi sama yaitu Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, di dalam dan luar negeri.

 

Sasaran 4: Meningkatkan kualitas input mahasiswa

Indikator Pencapaian:

Tahun 2017,  70% IPK S1 ≥ 3.00

Tahun 2018,  80% IPK S1 ≥ 3.00

Tahun 2019,  90% IPK S1 ≥ 3.00

Tahun 2020, 100% IPK S1 ≥ 3.00

 

Strategi Pencapaian:

  1. Memperketat seleksi administrasi calon mahasiswa
  2. Melakukan tes tulis dan lisan
  3. Mensyaratkan hasil Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dengan nilai minimal 450.

 

TUJUAN 2:   Menghasilkan lulusan yang menguasai teori dan penerapan pembelajaran bahasa Inggris yang efektif, kreatif, dan inovatif berbasis ICT dan lulusan yang berakhlaqul karimah yang dilandasi nilai-nilai luhur Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah.

 

Sasaran : Tercapainya penguasaan teori dan penerapan pembelajaran bahasa Inggris yang efektif, kreatif, dan inovatif berbasis ICT.

 

Indikator Pencapaian

Tahun 2017, 70% mahasiswa mampu menciptakan produk model pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif berbasis ICT dengan grade excellent

Tahun 2018, 80% mahasiswa mampu menciptakan produk model pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif berbasis ICT dengan grade excellent

Tahun 2019, 90% mahasiswa mampu menciptakan produk model pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif berbasis ICT dengan grade excellent

Tahun 2020, 100% mahasiswa mampu menciptakan produk model pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif berbasis ICT dengan grade excellent

Strategi pencapaian:

  1. Memfasilitasi dosen dan mahasiswa untuk mengikuti workshop pembelajaran berbasis ICT
  2. Melengkapi fasilitas perkuliahan yang berbasis ICT
  3. Menyelenggarakan perkuliahan berbasis ICT

 

TUJUAN 3: Mampu melakukan  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan secara profesional pembelajaran bahasa Inggris diberbagai jenjang pendidikan

 

Sasaran 1:   Peningkatan kompetensi dosendengan melibatkan mahasiswa dalam melakukan penelitian.

 

Indikator Pencapaian:

Tahun 2017, 30% Dosen dengan pelibatan mahasiswa mendapatkan hibah penelitian dari Dikti, Diktis atau sumber lain setiap tahunnya.

Tahun 2018, 40% Dosen dengan pelibatan mahasiswa mendapatkan hibah penelitian dari Dikti, Diktis atau sumber lain setiap tahunnya.

Tahun 2019, 50% Dosen dengan pelibatan mahasiswa mendapatkan hibah penelitian dari Dikti, Diktis atau sumber lain setiap tahunnya.

Tahun 2020, 60% Dosen dengan pelibatan mahasiswa mendapatkan hibah penelitian dari Dikti, Diktis atau sumber lain setiap tahunnya.

 

Strategi Pencapaian:

  1. Meningkatkan kompetensi dosen dalam melakukan penelitian yang melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen melalui workshop penelitian.
  2. Memfasilitasi dosen untuk melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa .
  3. Memberikan bantuan dana untuk dosen yang melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa

 

Sasaran 2: Peningkatan pengabdian masyarakat dosen.

 

Indikator Pencapaian:

Tahun 2017, 30% dosenmelakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa.

Tahun 2018, 50%dosen melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa.

Tahun 2019, 70% dosenmelakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa.

Tahun 2020, 90% dosenmelakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa.

 

Strategi Pencapaian:

  1. Memfasilitasi dosen untuk mengikuti pelatihan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyediakan dana yang cukup bagi dosen untuk melakukan pengabdian masyarakat.

 

TUJUAN 4: Melakukan  kerjasama nasional dan internasional untuk meningkatkan  profesionalisme pendidik bahasa Inggris dalam rangka pencintraan publik menuju program studi pendidikan bahasa Inggris bertatakelola baik

 

Sasaran: Meningkatkan profesionalisme pendidik bahasa Inggris melalui kerjasama nasional dan internasional

 

Indikator Pencapaian:

Tahun 2017, 3 kerjasama nasional dan 1 kerjasama internasional

Tahun 2018, 5 kerjasama nasional dan 2 kerjasama internasional

Tahun 2019, 7 kerjasama nasional dan 3 kerjasama internasional

Tahun 2020, 9 kerjasama nasional dan 4 kerjasama internasional

 

Strategi pencapaian:

  1. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi atau Lembaga Pendidikan baik dalam maupun luar negeri
  2. Mengoptimalkan implementasi kerjasama secara bertahap dengan Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat

Mengoptimalkan implementasi kerjasama secara bertahap dengan Lembaga mitra luar negeri